kaf #2

Graphic1

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat malam dan Salam Sejahtera.

Yang Terhormat,

Kepala Dinas Pariwisata D. I. Yogyakarta

Bapak Edi Susilo,anggota DPRD D I Yogyakarta,

Yang Kami Hormati ,

Rektor ISI Yogyakarta,yang diwakili oleh Pembantu Rektor I, Bapak Dr. Agus Burhan.

Ketua Umum KAsongan Art Festival, Bapak Dr. Timbul Raharjo, M.Hum.

Semua jajaran Panitia KAsongan Art Festival

Rekan-rekan Dinas Kebudayaab dan Pariwisata Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Perindustrian,  Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul.

Jajaran Muspika Kecamatan KAsihan.

Rekan-rekan seniman dan pengrajin.

Hadirin sekalian yang berbahagia, Puji dan Syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena kita masih diberi kesempatan, diberi kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita dan pengabdian kita kepada umat, masyarakat serta bangsa dan Negara tercinta.

Hadirin Sekalian Yang Berbahagia,

Wisata sebagai asset pendapatan asli daerah merupakan salah satu upaya setiap daerah untuk melakukan pemberdayaan serta pengembangan potensi daerah atas berlakunya otonomi daerah. Untuk itu pembangunan pariwisata memerlukan focus yang lebih tajam serta mampu memposisikan diri sesuai dengan potensi yang ada dengan diimbangi oleh perencanaan yang matang dan upaya peningkatan kompetensi sumberdaya yang berkualitas.

Dengan mempertimbangkan potensi yanga ada, pengembangan pariwisata di kabupaten Bantul telah menggunakan konsep pariwisata yang menekankan pada pengembangan berdasarkan pada kearifan local, termasuk seni budaya untuk menciptakan image dan memperkenalkan serta mengembangkan wisata yang memiliki cirri khas tersendiri. Semua ini telah menjadi keunikan tersendiri yang memungkinkan menjadi daya tarik wisata, baik bagi wisatawan domestic maupun mancanegara.

Hadirin sekalian,

Kabupaten Bantul telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu sector andalan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bantul memiliki banyak potensi wisata yang beragam yang masing-masing memiliki karakter budaya dan nilai sejarah, seperti yang saat ini tengah dikembangkan, salah satunya yakni kawasan wisata KAsongan.

Hadirin Sekalian,

Dari sekian banyaknya potensi wisata ternyata belum tergarap secara maksimal terbukti masih rendahnya masyakarat untuk berkunjung di beberapa lokasi wisata. Gambaran realitas tersebut menjadi cambuk dan pekerjaan rumah tersendiri bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul bersama seluruh elemen tentunya untuk mengkaji secara mendalam serta mengupayakan sejumlah lokasi wisata alternative untuk bisa dikunjungi masyarakat bukan hanya warga Bantul tetapi juga warga dari sejumlah daerah sekitar.

Kehadiran Desa Wisata Kasongan inilah yang seolah menjawab tantangan selama ini. Lokasinya yang secara geografis berada di jalur utama Jl. Jogja-Samas secara tidak langsung wahana wisata ini sebagai terobosan alternative yang dapat dibanggakan. Kehadirannya diharapkan dapat dijadikan embrio wisata bagi objek-objek wisata di sekitarnya.

Terkait dengan kegiatan Kasongan Art Festival ini, saya menyampaikan apresiasi yang sebesarnya kepada semua pihak, sehingga even akbar pada tahun ke -2 ini dsapat terlaksana. Terlebih kepada segenap masyarakat Kasongan yang notabene berperan sebagai salah satu stakeholder pembangunan memiliki peran strategis tidak saja sebagai penerima manfaat pengembangan, namun sekaligus sebagai pelaku yang mendorong keberhasilan pengembangan kepariwisataan di daerah ini. Sehingga partisapasi dan dukungan masyarakat sangat dsibutuhkan dalam rangka penciptaan kondsisi yang mampu mendsorong tumbuh dsan berkembangnya insdustri pariwisata, antara lain dari unsure keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan, keramahan dan unsure kenangan. SEhingga pad aakhirnya Kasongan dsapat menjadi SDestinasi Wisata/Obyek daerah Tujuan Wisata yang menarik dan berdaya saing serta memberikan nilai manfaat secara ekonomi dsan kesejahteraan bagi masyarakat Kasongan itu sendiri.

Hadirin Sekalian,

Demikian yang dapat saya sampaikan. Akhirnya, dengan terlebih dahulu memohon ridho Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, dan seraya mengucapkan “ Bismillahirahmanirrahim”, pada hari ini Ahad, 09 Desember 2012, “ KAsongan Art Festival ke II” secara resmi saya nyatakan dsibuka. Sekian. Mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.

Bantul, 09 Desember 2012

Bupati Bantul

HJ. Sri Surya Widati.

Leave a comment